11 Februari 2020  |  Jasa Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Mendesain interior ruangan memang gampang-gampang susah. Tak jarang banyak orang mencoba-coba menata interior ruangan sendirian berbekal gambar referensi dari internet tapi ujung-ujungnya gagal. Namun jika Anda ingin memiliki rumah dengan interior yang mewah, nyaman dan berestetika, maka Anda dapat menyewa jasa interior designer untuk mendesain interior ruangan Anda.

Seorang interior designer professional dan berpengalaman mampu mendesain interior ruangan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Memang seringkali Anda merasa bahwa menggunakan jasa interior designer merupakan pemborosan dan lebih mahal. Padahal dengan menggunakan jasa interior designer untuk merancang interior, maka Anda mendapat banyak sekali keuntungan.

Berikut adalah keuntungan menggunakan jasa interior designer untuk mendesain ruangan.

1. Membantu merealisasikan konsep

Dengan menggunakan jasa interior designer maka Anda akan dibantu untuk merealisasikan konsep atau style yang diinginkan. Misalkan Anda menginginkan interior bergaya victorian, maka Anda tidak perlu repot-repot mencari cat, wallpaper atau furniture seperti apakah yang pantas digunakan untuk mewujudkan konsep tersebut. Dengan menyewa interior designer, maka Anda bisa menunggu desain selesai dengan tenang karena semua hal telah dipikirkan oleh interior designer tersebut agar konsep mampu terealisasi dengan baik.

2. Perencanaan interior yang rapi dan mendetail

Seorang interior designer professional mampu merencanakan desain interior dengan rapi, tertata dan mendetail mulai konsep hingga build interior nantinya. Tak hanya itu, interior designer bisa membuatkan perencanaan desain interior Anda menggunakan teknologi 3D visualisasi sehingga Anda dapat membayangkan hasil jadi hanya dari gambar. Kesemuanya ini pun dikerjakan dengan bersungguh-sungguh dan teliti sehingga menghasilkan perencanaan yang detail hingga ke ukuran custom furniture dan jenis pencahayaan.

3. Membantu menyusun anggaran biaya

Keuntungan selanjutnya, seorang interior designer mampu membantu Anda dalam merencanakan anggaran biaya agar pengeluaran bisa lebih tertata dan terencana. Seorang desainer juga bisa menata suatu ruangan dengan desain interior sesuai dengan budget yang dimiliki. Jadi Anda tak perlu survey barang dan harga dari toko satu ke toko lainnya. Cukup gunakan jasa interior designer, maka semua teratasi dengan mudah.

4. Menghemat waktu, tenaga dan biaya

Dengan menggunakan jasa interior designer, maka Anda dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya karena desainer akan memberikan saran dan anjuran yang tepat. Tepat dalam pemilihan bahan material, biaya pembelian, pemasangan, sekaligus perawatannya. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari biaya yang tidak diperlukan, hemat tenaga karena Anda tidak perlu lelah merancang serta hemat waktu sehingga waktu luang Anda lebih baik dimanfaatkan untuk istirahat daripada mempersulit diri menyiapkan desain interior sendiri.

5. Meminimalisir resiko desain mengecewakan dan tidak sesuai harapan

Jika Anda mendesain interior dengan hanya meminta tukang untuk membuatkan custom furniture dan lain sebagainya, maka besar kemungkinan Anda akan merasa kecewa karena hasil yang jauh dari ekspektasi. Hal ini terjadi karena tukang tidak memiliki acuan gambar kerja yang jelas. Berbeda jika Anda menggunakan jasa interior designer yang sudah pasti bekerja dengan teliti dan menghasilkan acuan gambar kerja sehingga desain interior lebih mudah terealisasi sesuai ekspektasi.

6. Lebih professional sehingga interior dijamin bagus

Perusahaan jasa desain interior mempunyai sistem dan proses kerja yang jelas sehingga tiap prosesnya ada cacatan dan landasan tertulis di atas kertas yang rapi. Tak hanya itu, seorang interior desainer juga memiliki latar belakang ilmu yang jelas karena mereka mendapatkan ilmu di bangku perkuliahan sehingga lebih kredibel.

7. Bisa diskusi sepuasnya

Saat menggunakan jasa interior desainer, Anda dapat berkomunikasi dan berdiskusi secara intens mengenai berbagai hal seputar interior.  Tak hanya itu, interior desainer juga mampu menjembatani antara Anda sebagai klien dengan kontraktor. Seorang interior desainer yang professional dan berpengalaman mampu memahami keinginan klien sehingga jangan ragu untuk mendiskusikan berbagai hal hingga hal-hal kecil seperti desain lampu hingga tata perletalan kabel agar tidak terlihat berantakan. Dengan demikian, Anda akan puas dengan hasil akhir yang diberikan dan dikerjakan oleh mereka.

8. Sumber daya dan koneksi yang luas

Banyak hal penting yang dimiliki oleh seorang interior desainer, misalnya koneksi vendor atau kontraktor, sumber daya murah, tempat menjual furniture berkualitas, dan lain sebagainya. Dengan adanya hal-hal tersebut tentunya bisa membantu Anda dalam hal membuat desain interior yang lebih terjangkau.

9. Harga jual rumah menjadi beberapa kali lipat lebih mahal

Seorang desainer interior bisa menyulap ruangan yang biasa saja menjadi luar biasa dan bernilai estetika. Pada akhirnya hal tersebut akan memberikan keuntungan jika sewaktu-waktu Anda ingin menjual rumah. Rumah yang dibangun menggunakan jasa arsitek ditambah interiornya menggunakan jasa interior desainer akan membuat desain menjadi lebih terjamin dan mentereng sehingga tentunya menjadikan harga jual rumah menjadi beberapa kali lipat lebih mahal.

Jasa interior designer mungkin terlihat mahal pada awalnya, tapi ingatlah bahwa desain hasil karya interior designer mampu memberikan banyak keuntungan seperti kenyamanan, keindahan, kesesuaian, dan nilai investasi yang jauh lebih bernilai dari investasi yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa interior designer. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan jasa interior designer yang profesional, berbadan usaha/hukum, berpengalaman, serta memiliki hasil desain yang berkualitas seperti Emporio Interior. Emporio Interior sebagai penyedia jasa interior deigner terbaik di Indonesia siap melayani jasa desain interior di rumah maupun properti Anda. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi kami via WhatsApp untuk konsultasi dan booking jasa desain interior.