11 Februari 2020  |  Jasa Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Sebagian besar orang mungkin tidak berpikir panjang sebelum mendekor ruangan dengan alasan klasik, yaitu: yang penting bisa ditempati. Hal ini sah-sah saja jika budget terbatas sehingga tidak memikirkan kualitas. Namun jika Anda berpikir lebih mendalam dan mementingkan kenyamanan jangka panjang, Anda sebenarnya dapat mendekor ruangan dengan style tertentu serta penggunaan warna dan furniture yang lebih berkualitas, lebih bernilai, dan lebih sesuai dengan karakter dan selera Anda meski dengan budget yang sama. Bagaimana caranya?

Cobalah berkonsultasi dengan jasa interior designer profesional, karena Anda akan mendapatkan berbagai informasi penting mengenai perencanaan desain interior ruangan, kontraktor interior, custom furniture serta mendapatkan sebuah rancang desain interior yang tak hanya sesuai dengan kebutuhan namun juga sesuai dengan keinginan dan style Anda. Jika Anda mencoba mendekor ruangan Anda seorang diri tanpa menggunakan jasa interior designer maka terkadang banyak space ruang yang terbuang, ketidakcocokan dimensi/ukuran furniture, adanya kesalahan pemilihan warna, adanya kesalahan tata letak, dan sebagainya.

Apakah itu menjadi permasalahan besar?

Tentu saja. Perencanaan interior ruangan yang salah tentunya dapat mendatangkan bencana atau kerugian di kemudian hari. Berikut adalah bahaya dari salah perencanaan interior ruangan.

1. Pemborosan akibat salah desain. Ini biasanya terjadi jika Anda mencoba-coba mendesain interior ruangan seorang diri berdasarkan feeling dan intuisi semata. Mungkin banyak orang yang merasa bahwa dirinya memiliki selera yang bagus, tapi bukan berarti bahwa tiap orang dapat mendesain ruangan dengan baik. Selain itu, karena Anda adalah orang awam yang tidak terlalu memahami interior, maka Anda tidak dapat merencanakan anggaran biaya dengan baik. Sehingga saat mencoba mendekor ruangan tanpa menggunakan jasa interior designer, sangat mungkin Anda justru menghabiskan waktu, uang dan tenaga Anda sedangkan hasil akhirnya seringkali mengecewakan.

2. Mencontoh gambar di internet tanpa ada konsultasi dengan jasa interior designer. Saat Anda berusaha mendekor ruangan berdasarkan referensi gambar di tumblr, pinterest, google, dan lainnya, Anda pasti akan menemukan berbagai masalah. Kenyataannya, sulit menemukan perabot serta pernak-pernik yang 100% sama seperti referensi gambar interior ruangan. Akan ada saja yang menjadi permasalahan, misalnya ketidaksesuaian furniture, ketidaksesuaian dimensi ruang, dan masih banyak lagi. Ujung-ujungnya, interior ruangan melenceng jauh dari gambar referensi dan yang terburuk hasilnya tidak memuaskan dan justru membuat Anda merasa kecewa berat karena realita yang ada tidak sebagus ekspektasi.

3. Interior ruangan yang tidak nyaman membuat penghuninya tidak betah. Bagaimana perasaan Anda jika memiliki hunian yang tidak nyaman dari sisi tata ruang serta interior yang sembrawut dan tidak karuan? Kemungkinan besar Anda akan merasa tidak betah tinggal berlama-lama di tempat itu ataupun hidup Anda jadi tidak bergairah karena interior ruangan yang membosankan. Kalo sudah begini, bukankah sia-sia rasanya investasi besar Anda?

4. Interior ruangan jelek dan tidak berestetika. Tiap orang pasti ingin merasa bangga saat ada tamu atau sanak saudara yang berkunjung ke rumah, bukan? Untuk itu, hiaslah rumah atau properti Anda dengan desain interior yang menawan sehingga mampu menaikkan prestise Oleh karena itu, untuk mewujudkannya maka Anda perlu menggunakan jasa interior designer untuk merancang interior ruangan Anda.

5. Dibangun mahal, dijual tidak laku. Hal ini sering terjadi jika sesorang hanya ingin propertinya cepat selesai dan lebih hemat biaya. Padahal, dengan mendekor ruangan sendiri tanpa menggunakan jasa interior designer, maka pengeluaran dan kerugian yang didapat justru makin besar. Mungkin saja Anda berpikir bahwa dengan menggunakan jasa interior designer maka nantinya perlu membayar biaya yang bagi Anda ‘kemahalan’. Padahal sesungguhnya biaya tersebut senilai dengan kualitas desain interior, kenyamanan yang didapat, serta bermacam-macam keuntungan lainnya. Seberapapun mahal dan besarnya investasi properti Anda, jika interior ruangannya jelek, maka Anda pun tidak nyaman untuk menghuninya dan jika ingin dijual pun tidak laku ataupun justru harus dijual dengan banting harga. Apakah bijak mempertaruhkan segalanya hanya demi hemat sedikit? Ini kembali kepada Anda. Jika Anda bijak dan smart, pastilah Anda lebih memilih untuk menggunakan jasa interior designer untuk merancang interior pada properti Anda.

Mengapa Perlu Jasa Interior Designer?

Coba bayangkan berapa besar uang yang dikeluarkan untuk membangun properti atau rumah, jika ternyata interior ruangan tidak tertata dengan baik sehingga Anda tidak betah. Tentunya justru membuat kerugian besar karena saat membangun hunian atau properti, Anda tinggal dan beraktivitas di dalam bangunan itu. Lebih tepatnya, Anda menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan sehingga interior dan nuansa ruangan akan sangat berpengaruh terhadap mood serta produktivitas Anda. Jasa interior designer mungkin terlihat mahal, tapi ingatlah di sebuah desain hasil karya interior designer berpengalaman, Anda mendapatkan value berupa keamanan, kenyamanan, keindahan, kesesuaian, dan nilai investasi yang jauh lebih bernilai. Rumah atau properti yang interiornya bagus pasti dihargai lebih mahal.

Pastikan Anda menggunakan jasa interior designer yang profesional, berbadan usaha/hukum, berpengalaman, serta memiliki hasil desain yang berkualitas. Oleh karena itu, Emporio Interior hadir ditengah Anda untuk melayani jasa desain interior. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai desain interior, silakan hubungi kami. Bersama Emporio Interior, upgrade kualitas hidup Anda.